Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Pakan Kambing yang Bagus untuk Kesehatan dan Kesuburan Ternak

Beternak kambing adalah cara yang paling mudah untuk menambah pemasukan atau sebagai pekerjaan sampingan mengingat Indonesia sebagai negara agraris dimana banyak hijau-hijauan yang bisa dijadikan pakan ternak. Pun begitu, kamu yang ingin beternak kambing harus tahu jenis daun yang boleh dimakan dan daun yang tidak boleh dimakan kambing. Berikut ini 12 pakan kambing yang bagus untuk kesehatan dan kesuburan ternak yang wajib kamu ketahui.

12 pakan kambing yang bagus untuk kesehatan dan kesuburan ternak

Pakan Kambing yang Bagus

Semua pakan hijau-hijauan pada prinsipnya bisa dijadikan pakan untuk kambing, namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan getah dan racun di dalamnya. Dikhawatirkan apabila kamu memberikan jenis pakan tertentu yang mengandung getah atau mungkin terdapat racun dalam jangka panjang, justru akan mengganggu kesehatan dan kesuburan ternak, maka disinilah pentingnya kamu mengetahui pakan kambing yang bagus.

1. Rumput Odot

Rumput odot seringkali dijadikan pilihan pakan ternak kambing. Banyak kandungan nutrisi di dalam rumput odot, diantaranya protein kasar sekitar 8-12%, serat kasar sekitar 25-35%, karbohidrat termasuk serat dan gula, mineral, lemak kasar, vitamin dan air. Kandungan-kandungan ini sangat menunjang kesehatan pencernaan kambing, sistem kekebalan ternak, serta mendukung pembentukan otak dan peningkatan produksi susu.

2. Daun Indigofera

Pakan hijau-hijauan berikutnya Indigofera, merupakan tanaman jenis leguminosa yang sangat bermanfaat untuk dijadikan pakan kambing. Pasalnya, kandungan di dalamnya cukup lengkap relate sebagai pakan kambing yang bagus, diantaranya protein, mineral, serat kasar dan vitamin. Dengan kandungan ini, Indigofera dapat membantu pertumbuhan ternak, produksi susu, sekaligus sebagai sumber energi ternak.

Sebagaimana rumput odot, Indigofera dapat dibudidayakan sendiri dengan cara membeli di toko pertanian terdekat, kemudian di tanam di lahan atau pekarangan rumah.

3. Daun Bambu

Bagi kamu yang memiliki lahan, sepertinya jarang jika di lahan tersebut sama sekali tidak ada pohon bambu. Nah, daun bambu ini juga bisa dijadikan pakan untuk ternak kambing sebagai sumber energi. Pakan kambing baiknya tetap divariasi untuk pemberian pakan hijau-hijauannya, agar ternak dapat nutrisi seimbang.

4. Daun Nangka

Ibarat manusia, daun nangka adalah makanan paling “mewah” bagi kambing. Paling masyhur di kalangan peternak kambing, daun nangka (Artocarpus Heterophyllus) adalah hijau-hijauan paling recommended dijadikan sebagai pakan, apalagi kalau kambing dalam kondisi baru melahirkan.

Kandungan serat kasar yang mencapai 20-25% pada daun nangka, memberikan kontribusi dominan untuk memperbanyak produksi susu kambing.

5. Daun Kelor

Jangan dikira manfaat daun kelor hanya sebagai perangkat untuk mengusir setan, padahal daun ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan kambing yang bagus, kaya akan nutrisi untuk hewan ternak. Pasalnya, selain kandungan nutrisi secara umum seperti daun-daunan di atas, daun mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, bahkan juga mengandung asam lemak esensial; Omega 3 dan Omega 6. Jadi, daun kelor ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kambing ternak.

6. Daun Pisang

Selain buahnya, daun pisang juga bisa manfaatkan untuk pakan ternak. Kalau buahnya, apalagi sudah matang dan kondisi bagus, ya buat kamu makan saja. Meskipun tidak semua kambing mau memakan daun pisang, tapi setidaknya bisa diberikan sebagai selingan atau campuran dengan pakan hijau-hijauan lainnya.

7. Daun Lamtoro

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadikan daun lamtoro sebagai pakan kambing. Dengan protein dan energi di dalam daun lamtoro, dapat mendukung pertumbuhan yang baik serta meningkatkan produksi susu pada kambing, baik itu kambing hamil atau kambing perah.

Kombinasi kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, kalsium, fosfor yang lebih kompleks dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hewan ternak. Tentu daun lamtoro bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk kesehatan dan reproduksi hewan, dan pastinya ekonomis dan efisien.

Pastikan, daun lamtoro yang diberikan pada hewan ternak, terbebas dari racun dan hama.

8. Rumput Gajah Taiwan

Bagi kamu yang ingin beternak tanpa ngarit, sepertinya menanam rumput gajah taiwan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan pakan tanpa bersusah payah ngarit. Seperti jenis pakan yang lain, rumput gajah taiwan kaya akan protein dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan gizi hewan ternak.

Rumput jenis ini memiliki rasa yang disukai kambing, sehingga ternak lebih lahap memakannya. Selain itu, rumput gajah taiwan mudah dalam pemeliharaan, cukup tanam di lahan yang mudah terkena sinar matahari dan siram air secara rutin.

9. Daun Kaliandra

Kaliandra (Calliandra Calothyrsus) adalah jenis tanaman semak yang biasanya tumbuh di lereng. Seperti jenis tumbuhan pakan yang lain, Kaliandra ini cukup banyak digunakan sebagai pakan kambing.

Dengan kandungan protein yang tinggi dan manfaat lainnya, kaliandra dapat menjadi bagian penting dari peningkatan imun dan metabolisme kesehatan kambing ternak dengan kombinasi pakan lain secara seimbang.

Selalu pastikan pemberian pakan pada hewan ternak dengan baik agar mendapatkan khasiat dari setiap jenis pakan, kambing tidak hanya kenyang namun juga mendapatkan pemenuhan gizi secara optimal.

10. Daun Turi

Daun turi biasanya dijadikan salah satu toping rebusan atau kulupan di dalam satu porsi nasi pecel. Kalau sudah diguyur sambal kacang, beeeuh, pasti sudah mantab banget rasanya. Kalau daun ini saja bisa untuk dimakan kita-kita, apalagi kalau dikasihkan ke hewan ternak, pasti aman.

Daun turi mengandung protein kasar, serat kasar, energi, mineral, vitamin dan asam amino esensial yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan serta pemeliharaan jaringan tubuh kambing. Jadi, daun turi sangat recommended untuk dijadikan pakan kambing yang bagus.

11. Daun Singkong

Daun singkong bagi beberapa orang menganggap berbahaya untuk dijadikan pakan kambing karena kandungan getahnya. Memang benar, daun singkong sangat tidak dianjurkan dijadikan pakan kambing, apalagi diberikan pada kambing hamil yang jika dalam pemberian pakan tidak dilakukan dengan benar.

Daun apapun sebenarnya aman dijadikan pakan kambing yang bagus, asalkan dengan komposisi yang seimbang dan pemberian yang tepat.

12. Daun Gamal

Kandungan mineral pada daun gamal terdapat kalsium sebesar 0,8-1,5%, fosfor 02,2-0,3% serta zat besi, kalium dan magnesium yang sangat penting untuk kesehatan gigi, tulang serta berbagai fungsi metabolik dalam tubuh kambing.

Daun yang memiliki nama ilmiah Gliricidia Sepium ini merupakan salah tanaman leguminosa yang bisa masukkan dalam kategori pakan kambing yang bagus mengingat kandungan-kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan kambing ternak.