Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Pulpen Tidak Macet Karena Jatuh, Solusinya Disini!!

Ada pengalaman, beberapa waktu yang lalu saya membeli beberapa pulpen untuk kebutuhan harian dalam bekerja. Nah, karena di rumah anak sedang lagi senang-senangnya mengenal barang-barang disekitar, wal hasil pulpen yang baru saja saya beli tidak luput dari keasikannya itu, dan beberapa pulpen akhirnya macet tidak bisa digunakan. Dugaan saya, kemungkinan besar ya karena jatuh dan pas ujung pulpennya. Barangkali disini pembaca juga mengalaminya dan sedang mencari tutorialnya, berikut saya bagikan cara agar pulpen tidakmacet karena jatuh.

cara agar pulpen tidak macet

Cara Mengatasi Pulpen Macet Karena Jatuh

Ntah bagaimana penjelasannya, yang jelas sudah menjadi mafhum ketika ujung pulpen yang mengeluarkan tinta itu kok sampai jatuh, pasti setelahnya tidak bisa dipakai seolah tintanya macet, padahal isinya masih penuh. Lantas bagaimana cara agar pulpen tidak macet dan bisa digunakan kembali? di bawah ini ada beberapa tips yang bisa teman-teman coba.

1. Coretkan pulpen di permukaan karton kasar terus menerus

Karton memiliki lebih banyak tekstur lebih banyak dibandingkan kertas biasa, artinya teksturnya lebih kasar. Dengan tipikal kertas karton yang kasar tersebut, ketika teman-teman mencorat-coretkan pulpen di atasnya secara terus menerus, akan memantik tinta untuk keluar. Pasalnya tekstur karton bisa kemudian mencengkram ujung pulpen.

2. Memanaskan ujung pulpen

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan memanaskan ujung pulpen. Ketika teman-teman mengalami pulpen macet, coba saja ujung pulpen dipanaskan dengan korek api. Bisa jadi tinta pulpen yang macet tersebut disebabkan adanya tinta yang kering atau tersumbat, sehingga membuatnya tidak bisa keluar dengan lancar.

Yang perlu diperhatikan jangan sampai berlebihan membakarnya, atau malah-malah tabung tinta yang dekat ujung pulpen malah ikut meleleh.

Boleh dicoba juga, memanaskan ujung pulpen ini tidak harus dengan membakarnya dengan korek api. Teman-teman dapat mencobanya dengan menyelupkan ujung pulpen ke dalam air mendidih.

3. Ujung pulpen celup ke dalam alkohol

Alkohol bisa juga digunakan untuk melarutkan ujung tinta yang tersumbat, kalau teman-teman kebetulan punya. Celupkan saja ujung pulpen ke dalam alkohol, tunggu beberapa saat, dan coba sesekali tes dengan mencorat-coretkannya di kertas kosong. Jika sudah lancar, berarti pulpen teman-teman sudah bisa digunakan kembali. Ingat, cukup celupkan ujungnya saja, agar pulpen tidak rusak.

4. Ketuk-ketuk ujung pulpen ke permukaan kasar

Tinta pulpen yang macet bisa jadi disebabkan adanya udara yang masuk ke dalam tabung tinta. Untuk mengeluarkan gelembung udara yang masuk itu bisa menggunakan cara mengetuk-ngetuk ujung pulpen ke permukaan kasar. Siapa tahu gelembungnya hilang, dan pulpen bisa berfungsi kembali.

5. Saat menulis coba tekan pulpen

Penyebab lain pulpen bisa macet adalah karena adanya tinta yang menggumpal pada ujung pulpen. Dengan memberikan tekanan agak kuat saat menulis, teman-teman kemungkinan dapat melepaskan gumpalan yang menyumbat aliran tinta pada pulpen

6. Beli pulpen baru

Kalau dari semua tips diatas sudah dicoba dan ternyata pulpen teman-teman yang macet itu tetap tidak bisa digunakan, solusinya tinggal satu, beli lagi pulpen yang baru. Toh harganya juga nggak mahal kan, kecuali kalau pulpen teman-teman menggunakan tinta emas, muehehe.

Sekian tips dari saya pada kesempatan kali ini, semoga tutorial cara agar pulpen tidak macet ini tidak bermanfaat dan membuang waktu teman-teman sekalian.