Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Copy Paste Data Tabel di SIKS-NG ke Excel

Beberapa waktu terakhir ramai terjadi perbincangan di kalangan Pekerja Sosial PKH mengenai update terbaru di dalam aplikasi SIKS-NG, sebuah aplikasi guna mengelola Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di bawah pengelolaan Kementerian Sosial. Pada salah satu menu di dalamnya, sekarang bisa menampilkan rincian data BNBA secara lengkap dalam bentuk tabel. Namung sayangnya, dalam menu tersebut tidak menyediakan tombol export untuk men-download data tabel yang tersaji di dalam aplikasi. Oleh karena itu, disini saya akan bagikan tutorial cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel.

cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel

Dalam beberapa kanal Youtube sebenarnya banyak yang sudah berbagi tutorial mengenai cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel, setelah melihat di kolom komentar ternyata tidak sedikit yang gagal mempraktikkannya. Dugaannya, yang menjadi penyebab adalah perbedaan versi Office yang digunakan, padahal tidak. Setelah saya teliti betul, memang ada langkah-langkah yang terlewat. Singkat cerita, semoga tutorial ini bermanfaat bagi teman-teman. 

Cara Copy Paste Data Tabel di SIKS-NG ke Excel

Perlu diketahui, tutorial ini menggunakan browser Google Chrome. Untuk dapat meng-copy paste data tabel pada sebuah website, kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Oleh karenanya, teman-teman perlu menambahkan ekstensi pada Chrome yang digunakan. Disini saya menambahkan ekstensi “Table Capture”.

Cara menambahkan ekstensi “Table Capture” pada Chrome adalah sebagai berikut :

  1. Buka Chrome
  2. Klik menu “ekstensi” berbentuk puzzle pada sebelah kanan pojok atas Chrome, dan klik “Kelola Ekstensi”
  3. Kemudian klik “Chrome web store” pada menu sebelah kiri
  4. Pada kolom pencarian ekstensi, ketikkan “Table Capture” dan “tambahkan ke chrome”
  5. Pastikan ekstensi Table Capture sebagaimana gambar di bawah ini

cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel 1
Dengan ini, peramban Chrome teman-teman sudah terinstal ekstensi Table Capture. Ekstensi ini berfungsi untuk meng-copy paste data tabel pada suatu website yang nantinya bisa ditempelkan pada halaman Excel.

Selanjutnya, kita tinggal praktik meng-copy paste data table dari sebuah web ke dalam Excel memanfaatkan ekstensi yang baru saja diinstal. Sebagai contoh, saya akan mengambil data tabel yang berisi BNBA PKH pada menu Final Closing di website SIKS-NG.

GAMBAR

Untuk dapat mengunduh atau memindahkan data tabel di atas ke Excel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk ke dalam halaman SIKS-NG dimana terdapat data tabel yang akan diunduh (seperti gambar di atas)
  2. Klik Table Capture pada menu ekstensi Chrome di pojok bagian kanan atas layar
  3. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini, kemudian klik tombol titik tiga pada kolom kedua (100 x 12 .......)

    cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel 2

  4. Akan muncul menu Table Capture pada bagian bawah layar Chrome, disitu klik menu aktif paling kanan, yang jika kursornya diarahkan bertuliskan “edit table data before exporting”
  5. Pada halaman baru, tinggal klik menu paling kiri “copy table data to the clipboard” dan paste-kan pada halaman kosong Excel yang akan digunakan.

    cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel 3

Dengan ini, kita mendapatkan alternatif untuk melihat sebuah data tabel yang bersumber dari suatu website secara offline.

Bagi teman-teman yang ingin mengunduh suatu data tabel dari website lain, tinggal menyesuaikan saja, kurang lebih caranya seperti di atas.

Semoga tutorial cara copy paste data tabel di SIKS-NG ke Excel dapat menambah mobilitas kerja teman-teman.